Jumat, 30 September 2011

RPP KELAS VII

RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMP NEGERI 13 Kupang
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII / satu
Standar Kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat

Alokasi Waktu : 8 x 40 menit ( 4 X pertemuan )

1. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat :
• Menjelaskan pengertian norma
• Menjelaskan tujuan norma
• Menjelaskan fungsi norma
• Menguraikan macam-macam norma
• Menganalisis hubungan norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat
• Menganalisis perbedaan norma kesusilaan, kemasyarakatan, agama dan hukum dilihat dari sumber, kekuatan mengikat dan sanksinya

2. Materi Ajar
• Pengertian norma
• Tujuan norma
• Fungsi norma
• Macam-mcam norma
• Hubungan norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan
• Sumber-sumber norma
• Kekuatan mengikat norma
• Sanksi norma

3. Pendekatan/Metode pembelajaran
Pendekatan : CTL
Metode : Ceramah bervariasikan , penugasan, dan diskusi kelas

4. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Pendahuluan ( 10 menit )
a. Penjajakan kesiapan belajar siswa ( Perkenalan,absensi ,Dll)
b. Siswa menyimak penjelasan guru tentang SK ,KD yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran Selama semester satu.
c. Siswa mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
d. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.



Kegiatan Inti (60 menit)
a Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam LKS
b Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
c Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok norma-norma dalam msyarakaty,
khususnya sub tentang sejarah perkembangan norma; tujuan dan fungsi norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat.
d Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
e. Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok
f. Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok.

Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Siswa bersama guru membuat rangkuman materi tentang sejarah perkembangan norma; tujuan dan fungsi norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat
b. Siswa bersamagurumerefreksi kegiatan pembelajaran.
c. Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru

Pertemuan 2
Pendahuluan (10 menit)
a. Penjajakan kesiapan belajar siswa ( Absensi,pengelolaan kelas Dll.)
b Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang
macam-macam norma yang ada dalam masyarakat
c Guru membuka pelajaran dengan menunjukan skema.Siswa mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa, siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru
berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.

Kegiatan inti (60 menit)
a Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru
b.Siswa menerima LKS yang dibagikan guru
c Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
d Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS
e Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok norma-norma dalam masyarakat,
khususnya sub tentang macam-macam norma yang ada dalam masyarakat
f Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan LKS
g. Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok
h. Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok.

Kegiatan Penutup (10 menit)
a Siswa bersama guru membuat rangkuman materi tentang sumber, sanksi, dan ruang
lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
b.Siswa bersama guru merefreksi kegiatan pembelajaran.
c Siswa mencatat tugas rumah yang diberikan guru

Pertemuan 3
Pendahuluan (10 menit)
a Penjajakan kesiapan belajar siswa ( Absensi,pengelolaan kelas Dll.)
a. Guru Menyampaikan tujuan yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang sumber-sumber norma dan kekuatan mengikat norma yang ada dalam masyarakat



Kegiatan Inti (60 menit)
a. Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
b. Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS
c. Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok sumber-sumber norma dan kekuatan mengikat norma yang ada dalam masyarakat
d. Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan LKS
e. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan sumber-sumber dan kekuatan mengikat norma, yang ada dalam masyarakat
f. Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
g. Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok.

Kegiatan Penutup (10 menit)
a Siswa bersama guru membuat rangkuman materi tentang sumber, sanksi, dan ruang
lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
b.Siswa bersama guru merefreksi kegiatan pembelajaran.
c Siswa mencatat tugas rumah yang diberikan guru

Pertemuan 4
Pendahuluan (10 menit)
a. Penjajakan kesiapan belajar siswa (absensi,pengelolaahan kelas Dll)
b. Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang pelaksanaan sanksi terhadap pelaku pelanggaran norma yang ada dalam masyarakat

Kegiatan Inti (60 menit)
a. Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
b. Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS
c. Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok jenis-jenis sanksi yang diberikan terhadap pelanggar norma
d. Guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan LKS
e. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan jenis-jenis dan pelaksanaan sanksi terhadap pelanggar norma yang ada dalam masyarakat
f. Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok
g. Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok.

Kegiatan Penutup (10 menit)
Siswa bersama guru membuat rangkuman materi tentang sumber, sanksi, dan ruang
lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
b.Siswa bersama guru merefreksi kegiatan pembelajaran.
c Siswa mencatat tugas rumah yang diberikan guru

5. Alat/Sumber Belajar
• Buku teks siswa kelas VII,penerbit Erlanga
• Tokoh Agama
• Orang tua
• Tokoh masyarakat setempat
• artikel/berita di media massa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar