Selasa, 01 Desember 2009

RPP Otonomi Daerah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Kupang.
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan.
Kelas / Semester : IX / Ganjil.
Alokasi Waktu : 5 X 80 Menit.

Standar Kompetensi : 2. Memahami pelaksanaan Otonomi daerah.
Kompetensi Dasar : 2.1.Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah.
2.2.Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik.
Indikator : * Menjelaskan hakekat otonomi daerah.
• Menjelaskan arti pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik. A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai proses pembelajaran para peserta didik mampu :
Pertemuan 1.
 Menjelaskan pengertian Otonomi daerah.
 Menguraikan latar belakang adanya otonomi daerah.
 Menjelaskan tujuan otonomi daerah.

Pertemuan 2.
 Menyebutkan peraturan perundang-undangan tentang otonomi daerah.
 Membedakan urusan pemerintah pusat dan daerah.
 Menjelaskan asas-asas pelaksanaan otonomi daerah.

Pertemuan 3
 Menjelaskan tentang hak-hak dan kewajiban-kewajiban daerah otonom.
 Menyebutkan sumber-sumber dana daerah otonom.
 Menjelaskan tugas dan wewenang kepala daerah dan DPRD.
 Menjelaskan dampak positif dan negatif adanya otonomi daerah.
Pertemuan 4.
 Menjelaskan Pengertian dan ciri-ciri kebijakan publik.
 Menjelaskan tahap-tahap perumusan suatu kebijakan publik.
 Menjelaskan arti pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik.
 Menyebutkan media-media yang digunakan dalam mensosialisasikan kebijakan publik.
Pertemuan 5.
 Menjelaskan konsekwensi ketidak ikut sertaan masyarakat dalam perumusan kebijakan publik.
 Menunjukan faktor-faktor pendukung masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik.
 Menentukan cara-cara berpartisipasi dalam perumusan suatu kebijakan publik.
B. Materi Pembelajaran :
Pertemuan 1.
 Pengertian Otonomi daerah.
 Latar belakang adanya otonomi daerah
 Tujuan otonomi daerah.
Pertemuan 2
 Peraturan perundang-undangan otonomi daerah.
 Urusan pemerintah pusat dan daerah.
 Asas-asas pelaksanaan otonomi daerah
Pertemuan 3.
 Hak dan kewajiban daerah otonom.
 Sumber-sumber dana daerah otonom.
 Tugas dan wewenang kepala daerah dan DPRD.
 Dampak positif dan negatif adanya otonomi daerah.
Pertemuan 4.
 Pengertian dan ciri-ciri kebijakan publik.
 Tahap-tahap perumusan kebijakan publik.
 Arti pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik.
 Media-media yang digunakan dalam mensosialisasikan kebijakan publik.
Pertemuan 5.
 Konsekwensi ketidak ikut sertaan masyarakat dalam perumusan kebijakan publik.
 Faktor-faktor pendukung masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik.
 Cara-cara berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik.

C. Metode.
Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah : Ceramah yang divariasikan dengan metode tanya jawab, inquiri, Penugasan dan diskusi kelas.

D. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1.
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
 Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
 Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi soal-soal dan beberapa kartu yang berisi jawaban soal.
b. Motivasi
 Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
 Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi Pengertian otonomi daerah, latar belakang otonomi daerah dan tuuan otonomi daerah.
2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
 Setiap siswa dipersilahkan menarik satu kartu yang disiapkan oleh guru.dan selanjutnya memikirkan/mencari jawaban /soal atas kartu yang dipegangmya.
 Lima menit kemudian para siswa dipersilahkan mencari pasangan yang cocok dengan kartu yang dipegangnya.(baik soal / jawaban). (lima menit)
 Siswa yang berhasil mencocokkan kartunya sebelum waktu yang ditentukan (lima menit) diberi poin lebih tinggi dan seterusnya. Bila salah satu siswa telah mendapat pasangan kartu yang cocok maka kegiatan mencari pasangan dihentikan sementara.
 Guru mempersilahkan siswa yang telah mencocokan kartu itu untuk membacakan soal / jawaban dari kartu yang dipegangnya.
 Guru mempersilahkan siswa yang memegang kartu soal untuk dibacakan sekali lagi dan mempersilahkan siswa lain yang tidak memegang kartu jawaban atas soal itu untuk menjawabnya. Dan dipersilahkan lagi siswa yang lain mencari pasangan kartunya.
 Bila waktu yang ditentukan masih ada setelah satu babak, maka guru dapat mengumpulkan semua kartu dan mengkocoknya lagi agar tiap siswa dapat menariknya lagi kartu yang berbeda. Dan seterusnya.

3. Penutup. ( 20 Menit ).
 Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
 Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
 Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi pengertian, latar belakang dan tujuan otonomi daerah.
 Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2.
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
 Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
 Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi soal-soal dan beberapa kartu yang berisi jawaban soal.
b. Motivasi
 Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
 Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi pengertian, latar belakang dan tujuan otonomi daerah serta
Peraturan perundang-undangan, pembagian urusan pemerintah dan asas-asas otonomi daerah.
2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
 Setiap siswa dipersilahkan menarik satu kartu yang disiapkan oleh guru.dan selanjutnya memikirkan/mencari jawaban /soal atas kartu yang dipegangmya.
 Lima menit kemudian para siswa dipersilahkan mencari pasangan yang cocok dengan kartu yang dipegangnya.(baik soal / jawaban). (lima menit)
 Siswa yang berhasil mencocokkan kartunya sebelum waktu yang ditentukan (lima menit) diberi poin lebih tinggi dan seterusnya. Bila salah satu siswa telah mendapat pasangan kartu yang cocok maka kegiatan mencari pasangan dihentikan sementara.
 Guru mempersilahkan siswa yang telah mencocokan kartu itu untuk membacakan soal / jawaban dari kartu yang dipegangnya.
 Guru mempersilahkan siswa yang memegang kartu soal untuk dibacakan sekali lagi dan mempersilahkan siswa lain yang tidak memegang kartu jawaban atas soal itu untuk menjawabnya. Dan dipersilahkan lagi siswa yang lain mencari pasangan kartunya.
 Bila waktu yang ditentukan masih ada setelah satu babak, maka guru dapat mengumpulkan semua kartu dan mengkocoknya lagi agar tiap siswa dapat menariknya lagi kartu yang berbeda. Dan seterusnya.

3. Penutup. ( 20 Menit ).
 Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
 Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
 Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi peraturan perundang-undangan, pembagian urusan dan asas-asas otonomi daerah.
 Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya.





Pertemuan 3.
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
 Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
 Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi soal-soal dan beberapa kartu yang berisi jawaban soal.
b. Motivasi
 Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
 Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi hak dan kewajiban daerah otonom; sumber-sumber dana; tugas dan wewenang kepala daerah dan DPRD; serta dampak positif dan negatif adanya otonomi daerah.

2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
 Setiap siswa dipersilahkan menarik satu kartu yang disiapkan oleh guru.dan selanjutnya memikirkan/mencari jawaban /soal atas kartu yang dipegangmya.
 Lima menit kemudian para siswa dipersilahkan mencari pasangan yang cocok dengan kartu yang dipegangnya.(baik soal / jawaban). (lima menit)
 Siswa yang berhasil mencocokkan kartunya sebelum waktu yang ditentukan (lima menit) diberi poin lebih tinggi dan seterusnya. Bila salah satu siswa telah mendapat pasangan kartu yang cocok maka kegiatan mencari pasangan dihentikan sementara.
 Guru mempersilahkan siswa yang telah mencocokan kartu itu untuk membacakan soal / jawaban dari kartu yang dipegangnya.
 Guru mempersilahkan siswa yang memegang kartu soal untuk dibacakan sekali lagi dan mempersilahkan siswa lain yang tidak memegang kartu jawaban atas soal itu untuk menjawabnya. Dan dipersilahkan lagi siswa yang lain mencari pasangan kartunya.
 Bila waktu yang ditentukan masih ada setelah satu babak, maka guru dapat mengumpulkan semua kartu dan mengkocoknya lagi agar tiap siswa dapat menariknya lagi kartu yang berbeda. Dan seterusnya.

3. Penutup. ( 20 Menit ).
 Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
 Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
 Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi Hak dan kewajiban daerah otonom; sumber-sumber dana; tugas dan wewenang kepala daerah dan DPRD; serta dampak positif dan negatif adanya otonomi daerah..
 Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya. (mempersiapkan diri untuk ulangan harian pertama).pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 4.
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
 Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
 Guru membagikan kembali kertas ulangan harian pertama.
 Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi soal-soal dan beberapa kartu yang berisi jawaban soal.

b. Motivasi
 Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
 Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi Pengertian dan ciri-ciri; tahap-tahap perumusan; arti pentingnya partisipasi masyarakat; media-media yang digfunakan dalam mensosialisasikan kebijakan publik.

2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
 Setiap siswa dipersilahkan menarik satu kartu yang disiapkan oleh guru.dan selanjutnya memikirkan/mencari jawaban /soal atas kartu yang dipegangmya.
 Lima menit kemudian para siswa dipersilahkan mencari pasangan yang cocok dengan kartu yang dipegangnya.(baik soal / jawaban). (lima menit)
 Siswa yang berhasil mencocokkan kartunya sebelum waktu yang ditentukan (lima menit) diberi poin lebih tinggi dan seterusnya. Bila salah satu siswa telah mendapat pasangan kartu yang cocok maka kegiatan mencari pasangan dihentikan sementara.
 Guru mempersilahkan siswa yang telah mencocokan kartu itu untuk membacakan soal / jawaban dari kartu yang dipegangnya.
 Guru mempersilahkan siswa yang memegang kartu soal untuk dibacakan sekali lagi dan mempersilahkan siswa lain yang tidak memegang kartu jawaban atas soal itu untuk menjawabnya. Dan dipersilahkan lagi siswa yang lain mencari pasangan kartunya.
 Bila waktu yang ditentukan masih ada setelah satu babak, maka guru dapat mengumpulkan semua kartu dan mengkocoknya lagi agar tiap siswa dapat menariknya lagi kartu yang berbeda. Dan seterusnya.

3. Penutup. ( 20 Menit ).
 Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
 Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
 Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi Pengertian dan ciri-ciri ; tahap-tahap perumusan; arti pentingnya partisipasi masyarakat; media-media yang digunakan dalam mensosialisasikan kebijakan publik.
 Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan 5.
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
 Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
 Guru membagikan kembali kertas ulangan harian pertama.
 Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi soal-soal dan beberapa kartu yang berisi jawaban soal.

b. Motivasi
 Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
 Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi Konsekwensi ketidak ikut sertaan masyarakat dalam perumusan kebijakan publik; faktor-faktor pendukung masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik; Cara-cara berpartisipasi dalam perumusan suatu kebijakan publik.
2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
 Setiap siswa dipersilahkan menarik satu kartu yang disiapkan oleh guru.dan selanjutnya memikirkan/mencari jawaban /soal atas kartu yang dipegangmya.
 Lima menit kemudian para siswa dipersilahkan mencari pasangan yang cocok dengan kartu yang dipegangnya.(baik soal / jawaban). (lima menit)
 Siswa yang berhasil mencocokkan kartunya sebelum waktu yang ditentukan (lima menit) diberi poin lebih tinggi dan seterusnya. Bila salah satu siswa telah mendapat pasangan kartu yang cocok maka kegiatan mencari pasangan dihentikan sementara.
 Guru mempersilahkan siswa yang telah mencocokan kartu itu untuk membacakan soal / jawaban dari kartu yang dipegangnya.
 Guru mempersilahkan siswa yang memegang kartu soal untuk dibacakan sekali lagi dan mempersilahkan siswa lain yang tidak memegang kartu jawaban atas soal itu untuk menjawabnya. Dan dipersilahkan lagi siswa yang lain mencari pasangan kartunya.
 Bila waktu yang ditentukan masih ada setelah satu babak, maka guru dapat mengumpulkan semua kartu dan mengkocoknya lagi agar tiap siswa dapat menariknya lagi kartu yang berbeda. Dan seterusnya.

3. Penutup. ( 20 Menit ).
 Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
 Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
 Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi Konsekwensi ketidak ikut sertaan masyarakat dalam perumusan kebijakan publik; faktor-faktor pendukung masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik; Cara-cara berpartisipasi dalam perumusan suatu kebijakan publik.
 Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya. (mempersiapkan diri untuk ulangan harian kedua).pada pertemuan berikutnya.

E. Sumber belajar :
 Buku teks siswa kelas IX.
 Artikel / berita di media masa.
 UUD 1945.
 Modul Otonomi daerah
 Bahan ajar yang dibuat oleh guru.
 Lembar kerja siswa.

F. Penilaian.

Penilaian dilakukan selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ketiga dan kelima. Teknik penilaian yang digunakan adalah pilihan ganda dan penugasan.
Soal-soal penilaian, kunci jawaban dan pedoman penskoran terlampir.

Mengetahui Kupang, 21 Juli 2009.
Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran,



Hendrik Adu, S.Pd Yuliana Manalor, S.Pd
NIP 19590119 198601 1 002 NIP 19610625 198403 2 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar