RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Kupang.
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan.
Kelas / Semester : IX / Ganjil.
Alokasi Waktu : 5 X 90 Menit.
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan sikap dalam usaha pembelaan Negara.
Kompetensi Dasar : 1.1.Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan Negara.
1.2.Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan Negara.
1.3.Menampilkan sikap peran serta dalam usaha pembelaan
Negara.
Indikator : * Menjelaskan arti penting usaha pembelaan negara..
• Menjelaskan tentang bentuk-bentuk usaha pembelaan negara.
• Menentukan sikap dalam upaya pembelaan negara.
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai proses pembelajaran para peserta didik mampu :
Pertemuan 1.
Menjelaskan pengertian Negara, Penduduk, Warga Negara.
Menguraikan unsur-unsur Negara.
Pertemuan 2.
Menentukan tujuan Negara.
Menjelaskan fungsi Negara.
Membedakan bentuk-bentuk Negara.
Menjelaskan arti penting pembelaan Negara.
Pertemuan 3
Menjelaskan peraturan perundang-undangan tentang pembelaan Negara.
Menjelaskan tentang pengertian Sishankamrata.
Menjelaskan tentang komponen Pertahanan Negara.
Pertemuan 4.
Menjelaskan bentuk – bentuk ancaman terhadap Negara.
Menjelaskan bentuk-bentuk usaha pembelaan Negara.
Pertemuan 5.
Menentukan sikap terhadap berbagai ancaman di berbagai lingkungan.
Menunjukan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya.
B. Materi Pembelajaran :
Pertemuan 1.
Pengertian Negara, Penduduk, Warga Negara.
unsur-unsur Negara.
Pertemuan 2
Tujuan Negara.
Fungsi Negara
Bentuk-bentuk Negara.
Arti penting pembelaan Negara.
Pertemuan 3.
Peraturan perundang-undangan tentang pembelaan Negara.
Pengertian Sishankamrata.
Komponen Pertahanan Negara
Pertemuan 4.
Bentuk - bentuk ancaman terhadap Negara.
Bentuk-bentuk usaha pembelaan Negara
Pertemuan 5.
Contoh sikap terhadap berbagai ancaman di berbagai lingkungan.
Partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya.
C. Metode.
Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah : Ceramah yang divariasikan dengan metode tanya jawab, inquiri, Penugasan dan diskusi kelas.
D. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1.
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
b. Motivasi
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
Siswa dibagi dalam 8 kelompok diskusi dan guru memberikan tugas yang harus diskusikan oleh setiap kelompok. Selanjutnya guru membagikan lembaran pertanyaan diskusi.
Para siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru dengan jalan mengkaji pustaka yang dimiliki untuk menjawab pertranyaan yang menjadi tugas kelompoknya.
Masing-masing kelompok menugaskan salah satu siswa untuk mempresentasi kan hasil diskusi kelompok mereka.
Kelompok lain menyimak hasil diskusi yang disampaikan dan mengajukan pertanyaan ataupun saran kepada kelompok yang sedang menyajikan hasil diskusinya. Dan seterusnya hingga semua kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka.
3. Penutup. ( 20 Menit ).
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari
Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan materi pelajaran minggu lalu.
b. Motivasi
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
Masing-masing siswa diberikan satu pertanyaan Selanjutnya guru membagikan lembaran pertanyaan untuk dijawab.
Para siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru ataupun secara perseorangan mengkaji pustaka yang dimiliki untuk menjawab pertranyaan yang menjadi tugasnya.
Masing-masing siswa diberi kesempatan untuk mempresentasi kan hasil diskusi
Siswa lain menyimak hasil diskusi yang disampaikan dan mengajukan pertanyaan ataupun saran kepada siswa yang sedang menyajikan hasil kajiannya. Dan seterusnya hingga semua siswa mempresentasikan hasil kajiannya. 3. Penutup. ( 20 Menit ).
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari
Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan materi pelajaran minggu lalu.
b. Motivasi
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
Siswa dibagi dalam 8 kelompok diskusi dan guru memberikan tugas yang harus diskusikan oleh setiap kelompok. Selanjutnya guru membagikan lembaran pertanyaan diskusi.
Para siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru dengan jalan mengkaji pustaka yang dimiliki untuk menjawab pertranyaan yang menjadi tugas kelompoknya.
Masing-masing kelompok menugaskan salah satu siswa untuk mempresentasi kan hasil diskusi kelompok mereka.
Kelompok lain menyimak hasil diskusi yang disampaikan dan mengajukan pertanyaan ataupun saran kepada kelompok yang sedang menyajikan hasil diskusinya. Dan seterusnya hingga semua kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka.
3. Penutup. ( 20 Menit ).
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari
Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya. (Sebelum melanjutkan pembelajaran akan diadakan ulangan tertulis untuk materi pertemuan 1 – 3 ).
Pertemuan 4
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
b. Motivasi
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
Siswa dibagi dalam 8 kelompok diskusi dan guru memberikan tugas yang harus diskusikan oleh setiap kelompok. Selanjutnya guru membagikan lembaran pertanyaan diskusi.
Para siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru dengan jalan mengkaji pustaka yang dimiliki untuk menjawab pertranyaan yang menjadi tugas kelompoknya.
Masing-masing kelompok menugaskan salah satu siswa untuk mempresentasi kan hasil diskusi kelompok mereka.
Kelompok lain menyimak hasil diskusi yang disampaikan dan mengajukan pertanyaan ataupun saran kepada kelompok yang sedang menyajikan hasil diskusinya. Dan seterusnya hingga semua kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka.
3. Penutup. ( 20 Menit ).
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari
Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 5
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
b. Motivasi
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
Siswa dibagi dalam 8 kelompok diskusi dan guru memberikan tugas yang harus diskusikan oleh setiap kelompok. Selanjutnya guru membagikan lembaran pertanyaan diskusi.
Para siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru dengan jalan mengkaji pustaka yang dimiliki untuk menjawab pertranyaan yang menjadi tugas kelompoknya.
Masing-masing kelompok menugaskan salah satu siswa untuk mempresentasi kan hasil diskusi kelompok mereka.
Kelompok lain menyimak hasil diskusi yang disampaikan dan mengajukan pertanyaan ataupun saran kepada kelompok yang sedang menyajikan hasil diskusinya. Dan seterusnya hingga semua kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka.
3. Penutup. ( 20 Menit ).
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari
Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya. (Sebelum melanjutkan pembelajaran akan diadakan ulangan tertulis untuk materi pertemuan 4– 5 ).
E. Sumber belajar :
Buku teks siswa kelas IX.
Artikel / berita di media masa.
UUD 1945.
Modul Pembelaan negara.
Tokoh Masyarakat , RT, RW, Lurah.
Bahan ajar yang dibuat oleh guru.
Lembar kerja siswa.
F. Penilaian.
Penilaian dilakukan selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ketiga dan kelima. Teknik penilaian yang digunakan adalah pilihan ganda dan penugasan.
Soal-soal penilaian, kunci jawaban dan pedoman penskoran terlampir.
Mengetahui Kupang, 21 Juli 2009.
Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran,
Hendrik Adu, S.Pd Yuliana Manalor, S.Pd
NIP 19590119 198601 1 002 NIP 19610625 198403 2 004
Selasa, 01 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar