Selasa, 01 Desember 2009

RPP Pembelaan Negara

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Kupang.
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan.
Kelas / Semester : IX / Ganjil.
Alokasi Waktu : 5 X 90 Menit.

Standar Kompetensi : 1. Menampilkan sikap dalam usaha pembelaan Negara.
Kompetensi Dasar : 1.1.Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan Negara.
1.2.Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan Negara.
1.3.Menampilkan sikap peran serta dalam usaha pembelaan
Negara.
Indikator : * Menjelaskan arti penting usaha pembelaan negara..
• Menjelaskan tentang bentuk-bentuk usaha pembelaan negara.
• Menentukan sikap dalam upaya pembelaan negara.
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai proses pembelajaran para peserta didik mampu :
Pertemuan 1.
 Menjelaskan pengertian Negara, Penduduk, Warga Negara.
 Menguraikan unsur-unsur Negara.
Pertemuan 2.
 Menentukan tujuan Negara.
 Menjelaskan fungsi Negara.
 Membedakan bentuk-bentuk Negara.
 Menjelaskan arti penting pembelaan Negara.
Pertemuan 3
 Menjelaskan peraturan perundang-undangan tentang pembelaan Negara.
 Menjelaskan tentang pengertian Sishankamrata.
 Menjelaskan tentang komponen Pertahanan Negara.
Pertemuan 4.
 Menjelaskan bentuk – bentuk ancaman terhadap Negara.
 Menjelaskan bentuk-bentuk usaha pembelaan Negara.
Pertemuan 5.
 Menentukan sikap terhadap berbagai ancaman di berbagai lingkungan.
 Menunjukan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya.
B. Materi Pembelajaran :
Pertemuan 1.
 Pengertian Negara, Penduduk, Warga Negara.
 unsur-unsur Negara.
Pertemuan 2
 Tujuan Negara.
 Fungsi Negara
 Bentuk-bentuk Negara.
 Arti penting pembelaan Negara.
Pertemuan 3.
 Peraturan perundang-undangan tentang pembelaan Negara.
 Pengertian Sishankamrata.
 Komponen Pertahanan Negara
Pertemuan 4.
 Bentuk - bentuk ancaman terhadap Negara.
 Bentuk-bentuk usaha pembelaan Negara
Pertemuan 5.
 Contoh sikap terhadap berbagai ancaman di berbagai lingkungan.
 Partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya.

C. Metode.
Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah : Ceramah yang divariasikan dengan metode tanya jawab, inquiri, Penugasan dan diskusi kelas.

D. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1.
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
 Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
b. Motivasi
 Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
 Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
 Siswa dibagi dalam 8 kelompok diskusi dan guru memberikan tugas yang harus diskusikan oleh setiap kelompok. Selanjutnya guru membagikan lembaran pertanyaan diskusi.
 Para siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru dengan jalan mengkaji pustaka yang dimiliki untuk menjawab pertranyaan yang menjadi tugas kelompoknya.
 Masing-masing kelompok menugaskan salah satu siswa untuk mempresentasi kan hasil diskusi kelompok mereka.
 Kelompok lain menyimak hasil diskusi yang disampaikan dan mengajukan pertanyaan ataupun saran kepada kelompok yang sedang menyajikan hasil diskusinya. Dan seterusnya hingga semua kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka.
3. Penutup. ( 20 Menit ).
 Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
 Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
 Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari
 Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
 Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
 Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan materi pelajaran minggu lalu.
b. Motivasi
 Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
 Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
 Masing-masing siswa diberikan satu pertanyaan Selanjutnya guru membagikan lembaran pertanyaan untuk dijawab.
 Para siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru ataupun secara perseorangan mengkaji pustaka yang dimiliki untuk menjawab pertranyaan yang menjadi tugasnya.
 Masing-masing siswa diberi kesempatan untuk mempresentasi kan hasil diskusi
 Siswa lain menyimak hasil diskusi yang disampaikan dan mengajukan pertanyaan ataupun saran kepada siswa yang sedang menyajikan hasil kajiannya. Dan seterusnya hingga semua siswa mempresentasikan hasil kajiannya. 3. Penutup. ( 20 Menit ).
 Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
 Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
 Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari
 Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
 Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
 Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan materi pelajaran minggu lalu.
b. Motivasi
 Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
 Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
 Siswa dibagi dalam 8 kelompok diskusi dan guru memberikan tugas yang harus diskusikan oleh setiap kelompok. Selanjutnya guru membagikan lembaran pertanyaan diskusi.
 Para siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru dengan jalan mengkaji pustaka yang dimiliki untuk menjawab pertranyaan yang menjadi tugas kelompoknya.
 Masing-masing kelompok menugaskan salah satu siswa untuk mempresentasi kan hasil diskusi kelompok mereka.
 Kelompok lain menyimak hasil diskusi yang disampaikan dan mengajukan pertanyaan ataupun saran kepada kelompok yang sedang menyajikan hasil diskusinya. Dan seterusnya hingga semua kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka.
3. Penutup. ( 20 Menit ).
 Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
 Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
 Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari
 Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya. (Sebelum melanjutkan pembelajaran akan diadakan ulangan tertulis untuk materi pertemuan 1 – 3 ).
Pertemuan 4
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
 Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
b. Motivasi
 Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
 Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
 Siswa dibagi dalam 8 kelompok diskusi dan guru memberikan tugas yang harus diskusikan oleh setiap kelompok. Selanjutnya guru membagikan lembaran pertanyaan diskusi.
 Para siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru dengan jalan mengkaji pustaka yang dimiliki untuk menjawab pertranyaan yang menjadi tugas kelompoknya.
 Masing-masing kelompok menugaskan salah satu siswa untuk mempresentasi kan hasil diskusi kelompok mereka.
 Kelompok lain menyimak hasil diskusi yang disampaikan dan mengajukan pertanyaan ataupun saran kepada kelompok yang sedang menyajikan hasil diskusinya. Dan seterusnya hingga semua kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka.
3. Penutup. ( 20 Menit ).
 Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
 Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
 Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari
 Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 5
1 Pendahuluan ( 10 Menit ).
a. Apersepsi
 Guru Mengecek kesiapan peserta didik dalam kelas ( Absensi, Kebersihan kelas, mengisi jurnal mengajar ).
b. Motivasi
 Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
 Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti ( 60 Menit ).
 Siswa dibagi dalam 8 kelompok diskusi dan guru memberikan tugas yang harus diskusikan oleh setiap kelompok. Selanjutnya guru membagikan lembaran pertanyaan diskusi.
 Para siswa dalam kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru dengan jalan mengkaji pustaka yang dimiliki untuk menjawab pertranyaan yang menjadi tugas kelompoknya.
 Masing-masing kelompok menugaskan salah satu siswa untuk mempresentasi kan hasil diskusi kelompok mereka.
 Kelompok lain menyimak hasil diskusi yang disampaikan dan mengajukan pertanyaan ataupun saran kepada kelompok yang sedang menyajikan hasil diskusinya. Dan seterusnya hingga semua kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka.
3. Penutup. ( 20 Menit ).
 Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas.
 Siswa yang tidak memiliki buku sumber mencatat rangkuman materi yang telah disimpulkan bersama.
 Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari
 Guru menyampaikan hal-hal penting yang harus dilakukan peserta didik untuk pertemuan berikutnya. (Sebelum melanjutkan pembelajaran akan diadakan ulangan tertulis untuk materi pertemuan 4– 5 ).

E. Sumber belajar :
 Buku teks siswa kelas IX.
 Artikel / berita di media masa.
 UUD 1945.
 Modul Pembelaan negara.
 Tokoh Masyarakat , RT, RW, Lurah.
 Bahan ajar yang dibuat oleh guru.
 Lembar kerja siswa.

F. Penilaian.

Penilaian dilakukan selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ketiga dan kelima. Teknik penilaian yang digunakan adalah pilihan ganda dan penugasan.
Soal-soal penilaian, kunci jawaban dan pedoman penskoran terlampir.








Mengetahui Kupang, 21 Juli 2009.
Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran,



Hendrik Adu, S.Pd Yuliana Manalor, S.Pd
NIP 19590119 198601 1 002 NIP 19610625 198403 2 004

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar